Suasana Di Rokan Hilir

>> Senin, 10 Mei 2010

ROKAN HILIR--MI: Pascabentrok antara dua kubu pada Kamis (29/4) malam, yang diduga terkait dualisme pengurus Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), suasana di Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokon Hilir, Riau, mencekam.

Beberapa rumah rusak akibat lemparan batu, sementara itu sejumlah orang tak dikenal kerap memberi ancaman sambil melintasi wilayah konflik dengan bersepeda motor dan kebut-kebutan. Dilain sisi, ratusan personel polisi tampak berjaga-jaga di beberapa titik rawan bentrok.

Kepala Polisi Resort (Kapolres) Kabupaten Rokan Hilir AKBP Drs Bambang Sudarmaji SIK, saat dihubungi dari Dumai, Jumat (30/4), berjanji akan mengamankan kondisi di beberapa wilayah rawan konflik.

"Melihat suasana sekarang memang sangat mencekam, kebanyakan warga yang berdagang jadi tidak berdagang. Ada warga yang petani, jadi tidak bertani, suasana ini tentu sangat mengharukan. Untuk menjaga dan mengembalikan suasana yang kondusif, kami berjaga-jaga di beberapa titik rawan," kata Kapolres.

Warman, 45, seorang warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi bentrok di Simpang Pirlokal I Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, mengaku cemas melihat pertikaian yang terjadi Kamis (29/4) kemarin itu.

Ia mengatakan, sebelumnya peristiwa serupa sudah sering terjadi di Rokan Hilir. Namun menurutnya, bentrokan kali ini merupakan yang terbesar, karena telah merenggut korban jiwa.

Sebelumnya, dalam peristiwa itu ratusan buruh yang dilengkapi dengan persenjataan berupa senjata tajam seperti tombak, tojok sawit, parang, serta pisau yang mengakibatkan 13 orang diantaranya mengalami luka-luka.

Dari empat lainnya yang sebelumnya mengalami luka serius akibat diterjang tombak dan sabetan senjata tajam, dua diantaranya meninggal dunia di sumah sakit.

Kedua korban adalah Joni Tampubolon, 32, warga jalan Lancang Kuning Baganbatu, dan Partolongan Tampubolon, 42, warga jalan Lancang Kuning, Kecamatan Bagansinembah. Keduanya tewas dengan bersimbah darah akibat luka di bagian kepala karena sabetan senjata tajam. (Ant/OL-01)

0 komentar:

Posting Komentar

Radio Stearning and Mp3

Buku Tamu

Free Shoutbox by ShoutCamp