Tampan Kembali Juara Umum MTQ Ke-43 Pekanbaru

>> Minggu, 09 Mei 2010

PEKANBARU (RP) - Musabaqah Tilwatil Quran (MTQ) ke-43 tingkat Kota Pekanbaru yang berlangsung selama sepekan, berakhir. Prosesi penutupan secara resmi dilakukan oleh Wali Kota Drs H Herman Abdullah MM, Jumat (7/5) malam.

Setelah penilaian yang ketat dari dewan hakim, akhirnya diputuskan Juara Umum MTQ tahun ini kembali diraih Kecamatan Tampan.

Dari 12 kecamatan yang mengirimkan peserta dalam berbagai cabang yang diperlombakan dalam MTQ itu, Kecamatan Tampan berhasil meraih juara umum dengan meraih nilai total 83 poin menyisihkan 11 Kecamatan. Keberhasilan tersebut diperoleh dengan total kemenangan 10 kategori juara I, 10 kategori juara II dan 3 kategori juara ke III.

Sedangkan untuk peringkat kedua berhasil diraih Kecamatan Payung Sekaki dengan nilai 57 poin, peringkat ketiga Kecamatan Pekanbaru Kota dengan nilai 42 poin. Kemudian secara berurut diraih Kecamatan Bukit Raya, Tenayan Raya, Sukajadi, Rumbai, Marpoyan Damai, Rumbai Pesisir. Senapelan dan Sail memperoleh poin sama di peringkat 10 dan terakhir Kecamatan Lima puluh.

Atas prestasi tersebut, Kecamatan Tampan berhak kembali membawa Piala Bergilir Walikota, piagam penghargaan, serta hadiah uang tunai dan piagam. Prosesi penutupan itu dimeriahkan oleh musik qasidah, seni seruan taqwa, kemudian penyerahan hadiah pada para pemenang, dan seni budaya khasanah Melayu.

Selain dihadiri Wali Kota Drs H Herman Abdullah MM juga hadir Wawako Erizal Muluk, anggota DPRD Pekanbaru, Sekko Yusman Amin dan pejabat di lingkungan Pemko.

Tepuk riuh dari pengunjung mengiringi pengumuman hasil perhelatan MTQ yang dilaksanakan sejak tanggal 1-7 mei 2010. Meskipun menjelang larut malam, para pengunjung tidak beranjak meninggalkan lapangan Arhanudse Baterai P Pekanbaru untuk menantikan hasil dan pemberian hadiah untuk para pemenang.

Untuk kategori Tilawah Dewasa Putra, peringkat pertama berhasil diraih Khairunnas Jamal yang berasal dari Kecamatan Rumbai, Disusul pada peringkat kedua diperoleh H Surya Mulya dari Kecamatan Tenayan Raya dan peringkat ketiga diraih Muhammad Zuhdi dari Kecamatan Rumbai Pesisir.

Sedangkan untuk Kategori Tilawah Dewasa Putri, peringkat pertama berhasil diraih Rona Oktavia dari Kecamatan Sail, peringkat kedua Hj Siti Aminah dari Kecamatan Tampan dan peringkat ketiga diperoleh Yulina dari Bukit Raya.

Selain mendapat tropi, sertifikat dan uang pembinaan, pemenang kategori tilawah dewasa putra-putri mendapat kesempatan Umrah di tanah suci.

H Herman Abdullah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas suksesnya penyelenggaraan MTQ ini. Ia mengatakan prestasi yang diraih kecamatan bisa dipertahankan. Bagi yang belum berhasil agar meningkatkan prestasi lebih baik. Selain itu, qori/qoriah juara I akan diikutsertakan pada MTQ tingkat Provinsi Riau yang akan diselenggarakan Oktober di Kuansing, Pekanbaru bisa mengukir prestasi seperti tahun lalu.

‘’Terus tingkatkan prestasi. Kembangkan bakat dan kemampuan yang dimiliki. Persiapkan diri menuju MTQ tingkat Provinsi di Kuansing. Sehingga predikat juara umum di tahun 2009 dapat dipertahankan,’’ paparnya.

Menurutnya, acara MTQ ini harus terus dilaksanakan dalam upaya meningkatkan syiar agama. Melalui MTQ, katanya, masyarakat muslim akan lebih memahami kitab sucinya (Alquran). Melalui kegiatan ini juga akan terjalin silaturrahmi yang kuat antara sesama umat.(rio)

0 komentar:

Posting Komentar

Radio Stearning and Mp3

Buku Tamu

Free Shoutbox by ShoutCamp