Peluang Daerah Kabupaten Rokan hilir

>> Kamis, 06 Mei 2010

Peluang Investasi


Dari beberapa potensi yang dimiliki Kabupaten Rokan Hilir adalah sebagai berikut:

Industri Kapal Kayu

Industri kapal kayu merupakan industri unggulan di Kabupaten Rokan Hilir yang berpusat di Kecamatan Bangko dan Kubu. Industri kapal kayu yang telah beroperasi sejak puluhan tahun yang lalu terdiri dari 29 perusahaan dengan kapasitas produksi 83 unit.

Tempat Penyimpanan Pendinginan Udang

Sehubungan dengan besarnya potensi perikanan khususnya Udang, oleh karena itu investasi tempat pendinginan Udang merupakan prospek yang cerah (sistem pendinginan fase terakhir). Sebuah perusahaan yang berinvestasi saat ini telah beroperasi pada kegiatan tempat penyimpanan Udang. Perusahaan ini mendapatkan Udang mentah hasil penangkapan yang dilakukan oleh perusahaan ini sendiri serta membeli dari hasil penangkapan nelayan dengan harga Rp. 45.000/kg, yaitu hasil dari penangkapan Sungai Nyamuk dan Sungai Bakau.

Perusahaan Kelapa Sawit

Kabupaten Rokan Hilir memiliki potensi besar pada sektor perkebunan khususnya di sektor komoditas Kelapa Sawit dengan luas lahan 148.758 Ha tersebar dibeberapa kecamatan antara lain Kecamatan Tanah Putih, Bagan Sinembah, Kubu dan Rimbo Melintang. Sementara jumlah produksinya adalah 441.840,36 ton.

Saat ini ada 8 (delapan) perusahaan yang tersedia namun belum cukup untuk menampung produksi yang besar, oleh karena itu dibutuhkan banyak perusahaan Sawit untuk dikembangkan.

Industri Kayu

Sebagai daerah yang memiliki hutan yang luas, Kabupaten Rokan Hilir memiliki peluang investasi pada sektor pengolahan kayu, dibeberapa daerah Rokan Hilir seperti Kecamatan Bangko, Rimba Melintang, Tanah Putih, Bagan Sinembah dan Kubu.

Baru-baru ini banyak perusahaan proses kayu yang telah beroperasi, termasuk Industri Plywood yang berada di Kecamatan Tanah Putih.

Sarang Walet

Investasi yang cukup berkembang di kabupaten ini khususnya di Kecamatan Bangko adalah sarang Walet. Baru-baru ini ada 40 pengusaha dan hanya 20 pengusaha yang memiliki masa panen 4 kali satu bulan. Setiap kali panen menghasilkan 2 kg dengan harga jual US Singapura 5.500/kg. Jika ditukarkan ke Rupiah maka harganya adalah Rp. 34.309.000/kg.

Rencana pembangunan prioritas lainnya antara lain:

  1. Pembangunan infrastruktur
  2. Pemberantasan kemiskinan
  3. Pengembangan sektor perikanan
  4. Meningkatkan pertumbuhan investasi dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam
  5. Pengembangan industri pengolahan karet (Crumb Rubber)
  • Pembangunan Industri Hilir CPO.
  • Pembangunan Pengolahan Industri Crumb Rubber.

Prioritas pembangunan lainnya juga difokuskan pada program sebagai berikut:

  1. Pembanunan Infrastruktur
  2. Pemberantasan Kemiskinan
  3. Meningkatkan Pertumbuhan Investasi dalam rangka Mengoptimalkan Pemanfaatan Sumber Daya Alam
  4. Mengembangkan Produksi Kebutuhan Pokok
Pemutakhiran Terakhir : 16 April 2009

0 komentar:

Posting Komentar

Radio Stearning and Mp3

Buku Tamu

Free Shoutbox by ShoutCamp